Bahan Pakaian Paling Cocok Untuk Anak Balita

Balita mempunyai kulit yang masih sangat sensitif. Karenanya para bunda tak bisa membiarkan sembarangan pakaian untuk dikenakannya. Salah-salah, anak-anak akan mengalami iritasi dan alergi yang justru akan membuatnya rewel. Memilih baju dan segala jenis perabotannya secara selektif menjadi keputusan yang perlu diambil.

Dengan demikian, Anda dapat mengurangi resiko terjadinya alergi kulit anak balita. Mengenali berbagai kain bahan pakaian mereka dengan melihat pada label bisa menjadi salah satu solusi yang perlu diperhatikan.

pakaian balita

Bahan apa saja kira-kira yang patut jadi pilihan untuk pakaian keseharian anak?

1. Katun combed

Kain yang satu ini terbuat dari bahan alami tanpa campuran bahan sintetis. Tak heran jika bahannya terasa adem dan lembut. Cocok untuk kulit bayi. Katun combed juga dapat memberi rasa nyaman pada bayi di saat aktif-aktifnya mereka bergerak. Sehingga tidak ada kekhawatiran untuk Anda memakaikannya seharian.

2. Cotton-spandek / strech

Bahan pakaian strech ini merupakan perpaduan dari dua jenis kain, yakni katun dan spandek. Kain in biasa digunakan dalam pembuatan celana anak. Bahannya longgar, nyaman digunakan untuk bergerak dan tidak menerawang.

3. Cashmere

Bahan pakaian bayi yang satu ini juga punya kualitas yang bagus, sifat bahannya sejuk, lembut, dan nyaman dikenakan. Namun harganya cukup tinggi.

4. Serat bambu

Bahan serat bambu ini tak kalah dari bahan lainnya. Seratnya sangat halus, lembut dan elastis. Dengan demikian, tak salah jika serat bambu juga masuk dalam deretan kain rekomended untuk pakaian anak. Bahan ini juga bersifat anti alergi, mantap bukan?

5. Katun viscose

Katun viscos sering juga disebut kain cvc. Bahan ini merupakan hasil dari perpaduan serat kain katun combed dengan viscos. Tentu saja pakaian bayi dari bahan yang satu ini mempunyai sifat yang lembut dan tidak kaku, sehingga banyak di gunakan dalam pembuatan pakaian anak.

baby cloth, bahan kaos bayi

Selain itu, Anda juga harus memeperhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Pilihlah pakaian yang mudah dilepas pakai

Anak di usia bawah lima tahun masih suka buang air sembarangan dan masih mengenakan popok. Pakaian yang mudah di lepas pakai akan memudahkan Anda mengganti popok mereka. Dengan demikian, kebersihan dan kesehatan mereka bisa lebih terjaga, karena popok yang telah penuh atau kotor dapat diganti segera. Selain itu, jika pakaian mudah dikenakan, itu akan membuat anak tidak rewel saat di tata mengenakannya.

  • Hindari pakaian anak balita yang banyak resletingnya

Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya luka dan semacamnya. Terlebih resleting biasanya terbuat dari logam yang lumayan tajam. Anak-anak juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Bisa jadi resleting ini akan dibuatnya menjadi mainan, sehingga bisa terluka. 

  • Belilah pakaian yang masih baru

Bukan pakaian bekas, pastikan Anda membeli pakaian yang masih baru. Hal tersebut untuk menjamin kebersihannya. Menghindari kemungkinan yang buruk, membeli pakaian yang masih baru dapat membuat anak Anda lebih terjamin kesehatannya. 

  • Cuci terlebih dahulu baju baru sebelum dipakaiakan ke anak

Dengan mencucinya Anda bisa lebih menjamin kebersihan pakaian tersebut. Karena tetap ada kemungkinan pakaian yang dijajakan di pusat perbelanjaan ataupun di toko dan di pasar terkena debu, telah disentuh beberapa tangan dan sebagainya. Karena kulit anak yang masih tipis dan sentitif. Hal ini bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan.

Bagaimana bunda, sudah dicatat informasi di atas? Jika Anda ingin membuat dan menjahit sendiri pakaian untuk Anak balita Anda bisa menghubungi konveksi baju Surabaya. Tidak hanya itu, Anda pun bisa memesan kaos seragam keluarga yang dibuat samaan dengan anak dan anggota keluarga lainnya. Dengan mengetahui bahan kaosnya Anda tetap dapat tampak kompak dan menjamin kenyamanan mereka dalam berbusana. Cek juga https://najwan-garment.com/jasa-sablon-kaos-surabaya-murah-banget/ untuk informasi kaos sablon Surabaya sebagai seragam keluarga.