Bahaya Tidur Secara Berlebihan

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Setelah lelah beraktivitas seharian, tidur menjadi kunci untuk memulihkan kondisi tubuh. Rata- rata orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai Sembilan jam setiap harinya. Bagaimana dengan kamu sendiri? Apakah tidurmu sudah cukup? Beberapa orang yang memiliki kesibukan setiap harinya mempunyai masalah kurang tidur sehingga mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup. Akibatnya, beberapa dari mereka mengatasinya dengan tidur seharian di akhir Minggu untuk melepaskan kelelahan.  Meskipun kamu suka menikmati tidur di hari Minggu atau di hari pekan, sebenarnya itu tidak baik jika dilakukan terlalu berlebihan. Mengapa? Karena tidur berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan dan persoalan perilaku.

Tidur terlalu lama dikenal juga dengan istilah hipersomnia. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kurang tidur berkaitan dengan masalah  kesehatan diantaranya depresi,sakit kepala, masalah tiroid, penyakit jantung, apnea, diabetes, diabetes, bahkan dapat meningkatkan resiko kematian. Durasi tidur setiap orang tentu berbeda dan bervariasa sepanjang masa hidup. Hal ini sangat tergantung dari usia , kesehatan, gaya hidup, dan seberapa sering aktivitas yang dilakukan. Ketika kamu sedang mengalami stress atau sakit, kebutuhan tidurpun akan lebih meningkat dari biasanya. Karena dengan tidur,  dapat memulihkan kondisi tubuhmu.   

Bagi kamu yang menderita kurang tidur (hipersomnia), tidur berlebihan diakibatkan rasa ngantuk yang berat atau berlebihan sepanjang hari. Namun, kamu tidak bisa mengatasinya dengan tidur siang karena terlalu banyak ativitas hingga sore hari. Oleh karena itu,  hipersomnia menyebabkan kamu tertidur untuk jangka waktu yang lama pada malam hari. Penderita kurang tidur biasanya mengalami gejala-gejala akibat kelebihan tidur seperti kecemasan, lemas tidak  bertenaga, malas melakukan aktivitas, dan cenderung mengalami gangguan ingatan(pikun). Namun, tidak semua orang yang mengalami gangguan tidur berlebihan karena lelah beraktivitas . Penyebab lainnya bisa juga berasal dari konsumsi sejumlah obat-obatan tidur, dan alkohol.

Bagaimana jika kamu sering mengalami tidur berlebihan pada malam hari? Sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, akan membantu kamu menemukan penyebab mengapa kamu sering tidur berlebihan. Begitu juga bagi kamu yang mengalami kelebihan tidur yang disebabkan dari  obat-obatan tidur ataupun alkohol. Kamu bisa kembali ke siklus tidur yang normal dengan cara mengindari atau menjauhi konsumsi obat-obatan tidur, ataupun alkohol. Cobalah membiasakan diri dengan tidur sehat antara tujuh sampai delapan jam dalam sehari. Bagilah waktu dan aturlah jadwal  tidurmu sebaik mungkin agar kamu mendapat waktu tidur yang cukup.  Jangan sampai kamu kurang tidur ataupun malah tidur berlebihan. Karena sesungguhnya yang berlebihan itu tidaklah baik. Coba kunjungi www.synergyofficial.co.id/ untuk informasi lengkap lainnya.