Menentukan Pipa dan Pompa untuk Sumur Bor

Pompa untuk Sumur Bor

 

Tidak semua orang tahu soal urusan harga pipa sumur bor yang akan digunakan. Dalam menentukan harga setidaknya Anda harus bertanya terlebih dahulu ke pihak penyedia jasa bor sumur terpercaya. Biasanya pihak penyedia jasa akan menanyakan kembali mengenai diameter sumur dan kedalaman sumur. Kalaupun Anda tidak ingin repot, langkah terbaik adalah dengan menyerahkan urusan tersebut ke pihak penyedia jasa bor sumur.

Pasalnya, ketika Anda tidak tahu mengenai diameter maupun kedalaman sumur yang akan dibuat, bisa saja salah memilih pipa sumur. Alhasil, Anda merasa rugi sehingga menambah pengeluaran. Perlu diketahui jika harga pipa sumur bor ditentukan berdasarkan kedalaman sumur. Dan ini amat penting, mengingat harga yang dibandrol untuk pipa berdasarkan ukuran per inci maupun per meter.

Bagi Anda yang bertempat tinggal di kawasan dataran tinggi, harga pipa sumur tentunya lebih mahal dibandingkan dengan kawasan kota atau dataran rendah. Pasalnya, dataran tinggi seringkali sumurnya lebih dari 10 meter, bahkan ada yang mencapai 25 meter. Melihat kedalaman sumur tersebut, maka Anda harus menyediakan anggaran dana terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah pipa untuk sumur bor yang dalam memengaruhi harga jasa pengeboran, jika Anda menyerahkannya ke pihak penyedia bor sumur. Anda harus tahu jika kualitas air dan kecepatan pengeboran ditentukan berdasarkan pipa yang digunakan. Makin berkualitas pipa bor sumur, makin mudah dalam menyelesaikan sumur bor. Jika Anda menggunakan bor sumur mesin, maka proses pengerjaan tidak memerlukan waktu yang lama. Hal ini berdampak pada pengeluaran yang lebih hemat daripada bor sumur manual.

Sesudah menentukan pipa sumur bor, sebaiknya Anda memikirkan tentang pompa sumur yang akan digunakan. Kualitas air ditentukan berdasarkan pompa sumur yang digunakan agar keluar lebih sempurna. Terdapat dua jenis pompa air yang cocok untuk diaplikasikan ke sumur bor dengan kedalaman lebih dari 10 meter dan bisa dipilih dari pihak penyedia jasa sumur bor.

Baca juga: Jasa pengeboran sumur di Pontianak

Pertama adalah jetpump atau disebut dengan pompa jet. Pompa air jenis ini mekanismenya adalah menghisap air dengan mendorong air yang bakal melaju ke pipa hisap sampai keluar. Pipa jenis ini memiliki kemampuan daya hisap untuk sumur dengan kedalaman mencapai 60 meter. Dengan begitu, jika melebihi kedalaman 60 meter, pompa jetpump tidak dapat bekerja secara optimal. Namun, untuk daerah tertentu dengan permukaan air yang bagus dan kedalaman 30 meter, pompa jetpump sangat cocok digunakan.

Sementara, jenis yang kedua adalah pompa submersible. Pompa jenis ini acap disarankan oleh pihak penyedia jasa sumur bor. Mekanismenya adalah mendorong air keluar karena pompa submersible dirancang khusus, yaitu terbenam di dalam air. Jadi, jika Anda gunakan ketika pompa tidak terbenam air (kering), risikonya adalah mudah rusak.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai penentuan harga pipa dan memilih jenis pompa untuk sumur bor. Semoga melalui ulasan ini Anda bisa mendapatkan wawasan sehingga mudah menentukan jenis pipa dan pompa sumur bor. Sekian dan sampai bertemu di lain kesempatan.