Objek Wisata Pulau Ayau Raja Ampat

Pulau ayau adalah sebuah distrik yang ada di kabupaten Raja ampat, papua barat, Indonesia. Pulau ayau dibagi menjadi 5 desa atau keluarahan yaitu desa Doreker, desa Meosbekwan, desa Reni, desa Rutumdan desa Yenkawir. Di Indonesia memang terdapat banyak pulau, jumlahnya bahkan mencapai ribuan pulau. Masing-masing pulau di Indonesia mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri. Terkadang ada yang diolah sedemikian rupa untuk dijadikan tempat wisata. Salah satu pulau yang ada di Indonesia yang dijadikan tempat wisata adalah pulau Ayau ini. Pulau Atau memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tidak hanya itu, di pulau Ayau kita dapat melihat pelestarian penyu Belimbing dimana penyu jenis ini jarang ditemukan.paket wisata raja ampat

Rute Perjalanan Ke Pulau Ayau dengan menggunakan jasa travel paket wisata raja ampat

Pulau Ayau sendiri secara geografis berada di bagian Utara pulau Waigeo yang termasuk ke dalam wilayah Raja Ampat, provinsi Papua Barat, Indonesia. Kepulauan Ayau memiliki 5 desa dan salah satu desa yang sering dikunjungi adalah desa Rutum. Untuk bisa sampai ke Raja Ampat, anda harus menaiki pesawat dengan tujuan kota Sorong. Setelah anda sampai anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan speed boat dari pelabuhan kota Sorong menuju ke kabupaten Raja Ampat. Pulau yang menjadi tujuan anda adalah pulau Waigeo yang merupakan salah satu dari 4 pulau utama dan pulau Waigeo ini letaknya paling dekat dengan pulau Ayau. Di pulau ini anda bisa beristirahat sejenak dan melanjutkan perjalanan ke kepulauan Ayau esok harinya. Anda dapat menggunakan speed boat dari dermaga Waisai (pusat kota pulau Waigeo) untuk sampai ke kepulauan Ayau.

Wisata Di Pulau Ayau

Pulau Ayau sama halnya dengan pulau lain di Raja Ampat. Pulau ini tergolong masih alami dan memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Air yang jernih membuat para penyelam menyukai tempat ini. Tanpa menyelampun anda juga bisa menikmati keindahan dari ikan-ikan yang beragam dan koral yang berwarna warni. Bagi para penyelam, kedalaman yang bisa diselami yaitu dari 5 meter sampai 20 meter. Kedalaman lebih dari 20 meter kemungkinan sangat berbahaya dan belum ada yang pernah meyelam dengan kedalaman lebih dari 20 meter. Jika anda berkunjung ke pulau ini pada bulan desember dan januari maka anda bisa melihat proses pelestarian penyu Belimbing. Pada malam hari petugas budidaya hewan akan melakukan patroli untuk melihat apakah ada penyu yang bertelur. Jika ada penyu yang sedang bertelur maka mereka akan menunggu hingga penyu selesai bertelur. Kemudian telur-telur yang telah ditinggalkan induknya itu akan mereka bawa untuk ditetaskan. Hal ini dilakukan untuk menghindari para predator dan juga untuk melakukan pelestarian terhadap penyu Belimbing. Penyu ini merupakan salah satu jenis penyu yang langka di Indonesia.