Pilih Lantai Kayu Solid atau Lantai Kayu Laminate

Pemasangan lantai kayu solid sedikit berbeda dari lantai kayu laminate yang hanya terlihat seperti kayu asli. Ada pro dan kontra untuk kedua pilihan. Apapun pilihan anda, masing-masing produk parket ini dapat melengkapi berbagai gaya dekorasi. Permukaan lantai bisa dibiarkan begitu saja atau ditutupi dengan karpet. Parket kayu atau parket laminate menawarkan banyak variasi dan umur panjang. Ada hal-hal positif dan negatif dari masing-masing produk.

Produk parket kayu laminate dapat sangat mirip kayu sehingga sulit untuk membedakannya. Setelah dilihat lebih dekat, barulah orang dapat membedakannya; tetapi ketika pertama kali memasuki sebuah ruangan, sangat sulit untuk membedakan kedua produk tersebut.

Kelebihan lantai kayu laminate

  • Harga lebih murah: Untuk anda dengan budget terbatas, produk parket laminate memang lebih murah daripada parket kayu solid. Contohnya saja harga dari lantai kayu laminate Selgrid berkisar di Rp 175.000 / m2. Untuk harga terupdatenya lebih baik cek langsung situs resmi Selgrid
  • Berbagai pilihan desain dan warna: Desain papan parket laminate memiliki beragam corak warna. Warna terang cenderung membuat ruangan tampak lebih luas dan lapang sedangkan warna gelap cenderung tampak lebih nyaman dan kecil.
  • Lebih mudah untuk menginstal: Teknik snap together yang sederhana dapat membuat materi ini menjadi snap secara harfiah untuk dirakit. Gergaji bundar untuk memotong produk dan alat pengukur adalah alat utama yang tersedia.
  • Tidak ada pohon yang dirusak: Karena tidak ada pohon yang harus ditebang, ini mungkin merupakan pilihan “hijau” buat anda pecinta alam.

Kekurangan dari lantai kayu laminate (lantai parket sintetis)

  • Tidak dapat dipoles ulang: Setelah produk ini aus, tidak dapat direstorasi seperti lantai kayu asli.
  • Tidak akan bertahan lama: Produk-produk ini tidak akan bertahan seratus tahun seperti produk lantai parket solid.
  • Beberapa orang alergi: Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam produk parket sintetis ini. Apalagi jenis lantai ini dipasang dalam luasan yang cukup besar.

Kayu solid adalah produk lantai yang dapat dianggap investasi di rumah. Kayu cherry, oak, pinus atau jati dapat membuat rumah terlihat menawan dan bahkan meningkatkan nilainya.

Kelebihan parket kayu solid

  • Dapat dipakai selamanya: Dengan perawatan yang tepat, bahan ini bisa bertahan ratusan bahkan ribuan tahun.
  • Pilihan klasik: Lantai kayu adalah pilihan klasik dan elegan yang dapat bertahan selama bertahun-tahun dan mudah mengikuti berbagai gaya desain interior.
  • Dapat difinishing ulang: Apabila anda merubah desain dan gaya dekorasi rumah anda, memperbarui tampilan lantai kayu anda tentunya wajib dilakukan. Bila lantai solid ini difinishing ulang, baik diwarnai berbeda atau sekedar dikilapkan ulang, tentunya tampilan tempat tinggal anda akan WOW.
  • Bisa menjadi pilihan yang “hijau”: Dengan produk daur ulang atau reklamasi, tidak ada pohon yang harus ditebang. Kayu dari lumbung tua, gudang dan tong acar dapat dijadikan papan kayu untuk tampilan yang eklektik dan keren. Baik untuk planet ini dan bagus untuk Rumah Anda. Jadi tidak perlu harus menebang kayu baru

Kekurangan lantai parket kayu solid

  • Harga lebih mahal: Harga lantai kayu solid lebih mahal daripada parket laminate (sintetis). Ini memang lebih mahal namun dapat dianggap sebagai investasi yang baik di rumah.
  • Lebih sulit untuk menginstal / memasang: Pemasang profesional harus disewa untuk melakukan pekerjaan ini kecuali pemilik rumah adalah tukang kayu yang terampil. Lantai cantik ini membutuhkan keahlian dan keterampilan untuk pemasangan yang bagus.

Baik instalasi lantai parket laminate ataupun lantai kayu solid, semuanya dapat terlihat bagus di rumah. Dengan menimbang baik-baik kelebihan dan kekurangan masing-masing akan membantu pemilik rumah mendapatkan pilihan yang tepat untuk rumahnya.