Tahapan Pembuatan Sumur Bor Dangkal

Sumur bor dangkal merupakan sumur dengan tingkat kedalaman di kisaran 0-30 meter dari permukaan tanah. Dengan karakteristik tanah di Indonesia, sumur jenis ini menjadi salah satu sumur terbanyak digunakan masyarakat. Dengan biaya yang terjangkau, air yang didapat terbilang sudah cukup layak digunakan dengan jumlah yang cukup.
 
 

Proses Pembuatan Sumur Dangkal

Proses pembuatan sumur dangkal dapat dilakukan menggunakan mesin bor semi-manual atau bahkan mesin yang lebih canggih. Lantaran memiliki tingkat kedalaman yang rendah, maka proses pembuatan sumur ini tergolong singkat dengan pipa berdiameter 3-5 inci saja.
 

Sementara tahapan proses pembuatannya meliputi;

 
  • Persiapan

Dimulai dari penentuan lokasi pengeboran yang diprediksi menyembunyikan sumber air. hal ini biasanya dilakukan oleh tenaga ahli dengan metode survey. Jika titik pengeboran sudah didapat, berikutnya mempersiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan lalu letakkan di sekitar lokasi.
 
  • Penggalian Awal

Awalnya dimulai dengan penggalian pertama yang tidak perlu terlalu dalam di titik tersebut 
dengan ukuran diameter 1,25 m lebarnya 0,5 m. Pengeboran awal ini bertujuan sebagai penanda sekaligus mempermudah tahapan penancapan mesin bor.
 
  • Kolam Penampungan Air

Selanjutnya, buat kolam penampungan air dengan ukuran sekitar 1 x 1 x 0,5 m. Kolam ini nantinya berfungsi untuk menampung air yang keluar ketika pengeboran tanah. Air yang ditampung tersebut dapat menggunakannya untuk memudahkan pengeboran selanjutnya.
 
  • Kolam Penampungan Lumpur

Selain menampung air, Anda juga perlu menyiapkan penampungan lumpur.  Dengan menampung lumpur terlebih dahulu sebelum memindahkannya ke penampungan akhir, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga sekaligus memeriksa kondisi tanah.
Sumur Bor Dangkal
  • Peralatan

Berikutnya peralatan bor akan dirakit lengkap dengan selang-selang penghisap dan saringan. Selang yang telah terpasang saringan lalu diarahkan ke bak penampungan air. Berikutnya, segala persiapan dan peralatan akan diperiksa kembali sebelum mesin mulai dinyalakan dan mengebor lubang penanda.
 
  • Pengeboran

Mesin bor mulai dihidupkan hingga akhirnya air terhisap dan masuk melalui swivel head,. Air akan ditampung di kolam yang telah disediakan sebelumnya. Sementara lumpur maupun batu akan otomatis mengendap ke dasar kolam. Putaran mata bor serta tekanan dari mesin akan berpadu dengan semburan yang mengakibatkan lubang semakin dalam.
 
  • Pemasangan Pipa 

Setelah pipa bor masuk ke lubang pengeboran secara sempurna, pipa sambungan pun dapat dimasukkan. Ketika proses penancapan pipa ini, mesin bor harus dalam posisi off. Jika posisi pipa sambungan telah mencapai posisi yang presisi dan kuat, mesin bor kembali dinyalakan hingga mencapai tingkat kedalaman sesuai rencana hingga pipa-pipa sambungan selanjutnya mencapai sumber mata air yang layak.
 

Baca juga: https://sejasaku.net/pembuatan-sumur-bor-medan/

 
  • Pembersihan Air 

Jika pipa sambungan telah mencapai lapisan sumber air tanah yang layak, pengeboran bisa dihentikan dan mulai tahapan pembersihan lubang sumur  dengan memompa air sumur kembali menggunakan mesin pompa air hingga air yang keluar dari pipa menjadi jernih tanpa kontaminasi lumpur.
 
  • Penyelesaian

Swivel head dan pipa bor dicabut lalu casing dipasang pada posisinya.
Demikianlah beberapa tahapan umum yang dilakukan selama proses pembuatan sumur dangkal yang mungkin paling sesuai untuk solusi penyediaan air bersih di rumah Anda.