Tips Membuat Filter Air Sumur Bor Sederhana

membuat filter air sumur

Tak bisa dipungkiri selama ini air sumur yang biasanya terlihat jernih dan bening ternyata bisa saja berbau karat. Bahkan air tersebut jika didiamkan atau diendapkan selama beberapa jam akan berubah warna kuning keruh, berminyak atau bahkan berbau karat. Kondisi air tersebut bisa disebabkan oleh kandungan zat besi dan kadar mangan yang berlebih. Air dengan kondisi tersebut memang kurang bagus untuk dipakai maupun dikonsumsi sehingga perlu disaring salah satunya dengan membuat filter air sumur sendiri.

Selama ini sebagian masyarakat sudah mengenal beberapa bahan atau zat yang bisa dipakai untuk menjernihkan dan menyaring air sumur. Bahan-bahan tersebut dianggap lebih modern dan praktis karena terbukti mampu mengatasi masalah air sumur yang berbau, berminyak, keruh, kuning dan lain sebagainya. Adapun cara-cara menjernihkan air tersebut antara lain dengan aerasi, sedimentasi dan memakai bahan kimia. Tetapi ternyata cara-cara tersebut dianggap kurang efektif dan efisien. Bahkan biaya yang dibutuhkan juga lebih besar serta menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kesehatan.

Tak perlu khawatir karena untuk mengatasi masalah air sumur yang tidak begitu berat anda masih bisa membuat filter air sumur sendiri. Caranya dengan menggunakan ijuk, batu kerikil dan pasir. Selain itu persiapkan juga sebuah drum atau ember berukuran besar dan penutupnya. Tak lupa pula kain tipis, drat tangki, drat pipa, pipa, lem pipa, keran air, elbow satu buah, kapas aquarium, batu pemecah semburan air serta karet bekas dari ban dalam sepeda.

Selanjutnya semua bahan tersebut disusun pada drum atau ember dengan posisi kerikil di paling bawah, tapi lubangi ember paling bawah dan pasang drat pipa untuk keluaran saringan. Pasang juga kapas aquarium pada muara keluaran saringan sebelum batu kerikil di masukkan. Tambahkan ijuk di atas batu kerikil lalu lanjutkan dengan kain halus dan pasir halus. Lalu sisakan ruang sebagai tempat air yang akan disaring. Pasang juga batu pemecah semburan di tengah pasir atas agar semburan air tidak menimbulkan lubang di tengah pasir.

Baca juga: Tukang Sumur Bor Makassar

Selanjutnya tutup ember atau drum sehingga air tidak keluar ketika mesin pompa dinyalakan. Agar penutup semakin kuat sebaiknya tambahkan karet bekas ban untuk mencegah air keluar. Lalu sambungkan pipa saringan pada mesin pompa air dan pasang keran sebagai pengatur debit air. Pasang keran memakai lem agar kuat dan bila lem kering silakan tes filter air sumur sederhana ini untuk menyaring air. Tetapi hasil saringan air yang keluar pertama harus dibuang karena masih keruh. Biasanya 15 menit kemudian barulah air tersebut akan mulai jernih dan bebas dari bau, warna maupun minyak sehingga air siap ditampung pada wadah penampungan sebelum digunakan. Bila ingin dikonsumsi maka proses penyaringan bisa anda lakukan secara bertingkat.

Demikianlah penjelasan mengenai tips membuat filter air sumur yang bisa menambah wawasan anda. Pembuatan filter di atas tidak membutuhkan biaya yang besar dan mudah diterapkan. Tentunya bagi anda yang bermasalah dengan air sumur di rumah maka cobalah menerapkan tips di atas untuk dapatkan air bersih dan layak.